Liburan ke Yogyakarta ? Ngapain Aja ? - Travenusa

Post Top Ad

Rabu, 21 Juni 2017

Liburan ke Yogyakarta ? Ngapain Aja ?

TravenusaYogyakarta merupakan salah satu kota destinasi wisata favorit para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara setelah Bali. Setiap akhir pekan dan hari libur, yogyakarta selalu dipadati oleh traveler yang liburan, menikmati alam, belanja maupun yang hanya sekedar bersantai.

Kota Yogyakarta terkenal ramah dan nyaman bagi pelancong. Akomodasi seperti penginapan, hotel dan transportasi juga lengkap. Biaya wisata di Yogyakarta juga tergolong ramah di kantong, sehingga terjangkau bagi semua pelancong baik mahasiswa, karyawan dan lain - lain.

Sebagai kota pelajar dan kota wisata, yogyakarta menyajikan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, candi, pegunungunan dan wisata alam.

Berikut Ini Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan ketika Liburan ke Yogyakarta.

Menikmati Sunrise di Candi Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.
Candi Borobudur
Candi Borobudur bisa ditempuh dengan mengendarai mobil sekitar 45 menit dari Yogyakarta. Harga tiket masuk candi setinggi 35 meter ini relatif murah. Pada September 2016 harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 30.000 dan USD 20 untuk wisatawan asing. Setelah memasuki area candi, setiap wisatawan diharapkan tenang dan tidak membuat keributan. Bagi wisatawan yang memakai celana pendek akan di pinjamkan sarung oleh penjaga dan tidak dipungut biaya.
Sunrise di Borobudur - Photo By http://www.boldtravel.com
Waktu yang tepat untuk mengunjungi candi borobudur adalah pagi hari, selain untuk menikmati sunrise, udara di pagi hari masih sejuk dan segar. Sementara jika berkunjung di waktu siang hari, cuaca relatif panas sehingga disarankan menggunakan payung pada saat berkeliling di komplek candi.

Foto - Foto di Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.
Candi Prambanan
Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Berbelanja di Pasar Murah Bengiharjo

Pasar Bengiharjo adalah pasar tertua yang nilai historisnya tidak dapat dipisahkan dengan Kerato Yogyakarta. Pasar Bengiharjo berlamat di JL. Jenderal Ahmad Yani No.16 Yogyakarta. Pedangang di Pasar Bengiharjo menjajakan berbagai jenis barang yang dapat dibeli seperti batik, makanan ringan, uang kuno, barang antik, sembako, aneka jajanan, jamu - jamuan bahkan pakaian.
Pasar Beringharjo - Photo yogya-backpacker.com
Lokasi pasar yang sangat mudah di jangkau membuat pasar ini selalu ramai dipadati pengunjung. Jika kamu mampir ke Yogyakarta, jangan lupa berbelanja di Pasar Bengiharo. Apalagi kamu yang suka pakaian batik, saya sarankan membeli batik di Pasar Bengiharjo, selain harganya murah bahannya juga berkualitas.

Menikmati Alam Desa Wisata Kalibiru

Salah satu tempat wisata yang sedang populer di Yogyakarta adalah Desa Wisata Kalibiru. Desa wisata kalibiru sangat bersih dan nyaman bagi para pelancong, ditambah keramahan warga sekitar membuat tempat wisata ini sayang kalau dilewatkan begitu saja. Tempat wisata kalibitu memiliki banyak spot yang menarik untuk berfoto. Mulai dari lingkungan yang bersih, pemandangan danau, gunung bahkan berfoto diatas rumah pohon.

Untuk berfoto seperti pada gambar, kamu akan dikenakan biaya foto sebesar Rp 5000 / foto. Harga bisa lebih murah jika mendaftar dengan teman atau satu group.
Tempat Wisata Kalibiru bisa ditempuh dalam waktu sekita 1 - 1,5 jam dari Kota Yogyakarta. Untuk dapat menikmati wisata alam ini, kita hanya perlu membayar uang retribusi sebesar Rp 5000 dan uang parkir sesuai kenderaan yang kita gunakan.

Wisata Adventure di Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi adalah tempat wisata yang sangat recomended untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu yang suka petualang alias adventure. Salah satu tujuan primadona di Gunung Merapi adalah Wisata Jeep atau Lava Tour. Banyak sekali penyedia wisata jeep di lereng gunung merapi. Harga yang ditawarkan juga bervariasi antara Rp 200.000 s/d Rp 500.000 untuk masing - masing jeep. Wisata Jeep akan membawa kita berkeliling menuju beberapa tempat dengan medan jalan yang lumayan berat, diantaranya :
1. Bunker Kaliadem
2. Batu Alien
3. Makam Mbah Maridjan
4. Pedesaan yang Hangus oleh Letusan merapi
Wisata Gunung Merapi
Selain wisata jeep, tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Museum Merapi, Kali Opak dan lain lain.
Gunung Merapi bisa ditempuh dengan perjalanan lebih kurang 2 Jam dari Kota Yogyakarta. Tertarik untuk liburan ke Gunung merapi ?

Sepedaan di Alun - Alun Kidul Yogyakarta

Kegiatan yang tidak kalah seru di Yogyakarta adalah mengunjungi Alun - Alun Kidul Yogyakarta. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing pada sore hingga malam hari. Alun-alun Kidul berada di sebelah Selatan atau belakang Keraton Yogyakarta. Secara administratif Alun-alun Kidul masuk dalam Kecamatan Keraton Daerah Istimewa Yogyakarta. Alun - alun Kidul Yogyakarta sangat mudah dijangkau karena memang lokasinya berada di jantung kota Yogyakarta. Jika dari Malioboro, Alun - Alun Kidul Yogyakarta ini bisa ditempuh menggunakan Delman ( buat pelancong ), dengan ongkos sekitar Rp 20.000. Kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung adalah Ritual Laku Masangin dan Menikmati gemerlap Becah Kayu yang bisa disewa denga merogoh kocek sebesar Rp 5.000 w/d 20.ooo.
Sepedaan di Alun - Alun Kidul

Jalan - Jalan di Malioboro

Yogyakarta terkenal dengan malioboronya. Malioboro sudah memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Banyak pengunjung bilang, belum sah ke Yogyakarta bila belum berfoto di Jalan Malioboro. Tidak jauh dari pusat kota, pasar bengiharjo dan tugu Jogja, membuat Malioboro juga selalu ramai dipadati pengunjung khususnya malam hari. Mayoritas pengunjung datang ke Malioboro hanya untuk berfoto di marka Jalan Malioboro yang memang unik. Selain untuk berfoto ria, sepanjang Jalan Malioboro banyak sekali penjual makanan, jajanan, pakaian bahkan aksesoris untuk oleh - oleh para pelancong.
Demikianlah informasi hal menarik di Yogyakarta dan masih banyak lagi kegiatan dan tempat yang bisa di eksplore. Terima kasih sudah membaca blog apa adanya ini, jangan lupa bagikan informasi kepada teman anda melalui link share dibawah ini.

Post Bottom Ad